ball valve

Apa Itu Ball Valve dan Apa Perbedaannya dengan Gate Valve?

Ball valve dan gate valve memiliki desain yang hampir yang sama, namun secara fungsi berbeda. Anekavalve.com jual ball valve dan jenis valve lainnya dengan harga terjangkau.

Salah satu jenis valve yang banyak digunakan adalah ball valve. Jika dilihat dari bentuk luarnya, banyak orang yang menganggapnya sebagai globe valve. Sudah banyak digunakan, banyak perusahaan yang jual ball valve.

Ball valve sendiri merupakan perangkat sistem pipa yang dilengkapi dengan pengontrol aliran yang disebut disc. Komponen ini memiliki bentuk seperti bola dan punya lubang tepat di bagian tengah.

Jika dalam keadaan terbuka, lubang tersebut akan menghadap searah dengan kedua ujung katupnya dan aliran bakal mengalir. Sementara jika kondisinya tertutup, maka posisi lubangnya akan tegak lurus dengan katup dan aliran akan terhalang.

Salah satu alasan kenapa tipe ball valve ini sering digunakan karena proses perbaikannya yang sangat mudah. Selain itu, ball valve juga tahan terhadap suhu dan tekanan tinggi. Namun itu juga tergantung dari material ball valve itu sendiri.

Ada ball valve yang mampu bertahan dalam suhu 200 derajat celcius dan tekanan 10 ribu Psi. Bahkan ada juga ball valve yang mampu bertahan pada tekanan 1000 bar dan suhu 250 derajat celcius. Supaya bisa kuat terhadap suhu dan tekanan yang besar, bagian disc harus dilapisi dengan chrome.

Ball valve terbuat dari material yang beragam dan bisa mempengaruhi kekuatannya terhadap suhu dan tekanan tinggi. Ada ball valve yang terbuat dari logam, plastik, dan bahan keramik. Supaya disc kuat terhadap suhu dan tekanan yang tinggi, maka dilapisi dengan chrome.

Jenis-Jenis Ball Valve

Dalam penggunaannya, terdapat dua jenis ball valve yang banyak di pasaran. Kedua jenis ball valve yang dimaksud yaitu:

1. Full Bore Ball Valve

Jenis ball valve ini punya disc yang berdiameter sama dengan diameter pipanya. Jenis Full Bore Ball Valve biasanya digunakan pada blow don, production manifold, piggable line, dan pipeline.

2. Reduced Bore Ball Valve

Berbeda dengan jenis sebelumnya, reduced bore ball valve punya disc yang berdiameter tidak sama dengan pipanya. Ukuran disc ini lebih kecil dibandingkan dengan diameter pipanya.

Namun ukuran disc pada reduced bore ball valve harus lebih dari satu ukuran diameter pipanya. Jika diameter pipa adalah 5 centimeter, maka diameter disc minimal 4 centimeter.

Perbedaan Ball Valve dan Gate Valve

Jika dilihat sekilas, gate valve dan ball valve hampir sama. NAmun keduanya tentu saja punya perbedaan. Perbedaan tersebut bisa Anda pelajari di bawah ini.

1. Mekanisme Mematikan

Ball valve punya mekanisme mematikan yang sangat cepat. Anda hanya perlu memutar seperempat putaran atau 90 derajat saja untuk menutup valve dengan sempurna.

Sementara untuk gate valve Anda harus mematikannya secara perlahan. Anda memerlukan putaran lebih dari 360 derajat supaya valve benar-benar tertutup.

2. Water Hammer

Karena punya mekanisme mematikan yang sangat cepat, hal ini bisa menyebabkan water hammer. Jika menutup valve secara cepat, maka tekanan akan meningkat karena adanya momentum media yang tidak bergerak. Akibatnya akan menyebabkan lonjakan tekanan yang singkat.

Sementara itu terjadi water hammer bisa diminimalisir ketika menggunakan gate valve. Karena mekanisme pembukaan dan penutupan katup dilakukan secara perlahan.

3. Deteksi visual

Untuk menentukan apakah valve dalam keadaan terbuka atau tertutup bisa dengan dilihat saja. Anda bisa melihat posisi pegangan ball valve saja.

Sementara untuk gate valve sangat sulit untuk mengetahui keadaan apakah valve dalam keadaan terbuka atau tertutup.

4. Biaya

Harga untuk ball valve biasanya lebih mahal dibandingkan dengan gate valve untuk spesifikasi yang sama.

5. Ukuran

Ball valve lebih cocok untuk ukuran pipa di bawah dua inchi. Sementara untuk gate valve bisa untuk diameter pipa yang lebih dari 2 inchi.a

6. Kebocoran

Ball valve biasanya memberikan segel yang rapat, bahkan bisa digunakan meskipun dalam jangka waktu yang sangat lama. Sementara untuk gate valve sangat rentan mengalami kebocoran jika dibiarkan cukup lama.

7. Ketahanan

Jika berbicara ketahanan, ball valve relatif lebih tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan. Sementara untuk gate valve sangat mudah mengalami kerusakan. Hal ini karena pada stem valve sangat mudah terkena korosi, sehingga katupnya tidak akan tahan lama.

8. Pengaplikasian

Ball valve maupun gate valve digunakan untuk aplikasi industri dan perumahan. Namun gate valve biasanya dipakai pada sistem pipa yang lebih tua dan dalam aplikasinya sering mematikan aliran. Saluran pasokan air yang besar biasanya menggunakan gate valve.

Sementara untuk ball valve biasanya digunakan dalam proteksi kebakaran dan aplikasi kelautan. Pada beberapa aplikasi makanan, farmasi, dan minuman juga sangat tidak cocok menggunakan ball valve. Karena katupnya sangat sulit untuk dibersihkan dan bisa menyebabkan kontaminasi.

Dari uraian di atas Anda sudah tahu apa itu ball valve dan perbedaannya dengan gate valve. Untuk memperoleh ball valve maupun jenis valve lainnya bisa dilakukan anekavalve.com. Perusahaan ini jual ball valve dan jenis valve lainnya dengan harga yang terjangkau.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts