gate valve

Mengenal Gate Valve dan Rekomendasi Beli Gate Valve Terbaik

Dalam dunia konstruksi, fabrikasi, atau mekanik, Anda tentu sudah mengenal dengan istilah Valve. Dari sekian jenis valve, terdapat satu jenis valve yang digunakan pada sistem perpipaan yaitu gate valve. Tidak mengherankan jika sekarang juga sudah banyak perusahaan yang jual gate valve.

Kalau Anda yang sudah bekerja di bidang instalasi pipa air tentu saja sudah tidak asing lagi dengan gate valve. Bagi Anda yang belum tahu, gate valve ini punya fungsi hampir sama seperti keran air. Fungsinya yaitu untuk menghentikan debit air supaya tidak mengalir.

Apa Itu Gate Valve?

Gate Valve merupakan jenis valve yang digunakan pada sistem instalasi perpipaan. Fungsi dari valve ini yaitu untuk menghentikan dan meneruskan aliran air pada pipa. Sehingga gate valve ini juga bisa berperan penting untuk mengatur debit aliran air.

Pada gate valve ini terdapat lempengan atau stopper yang berfungsi untuk mencegah cairan. Sehingga stopper ini bisa naik turun untuk menghentikan maupun membuka aliran air supaya bisa digunakan. Kasarnya, fungsinya hampir sama seperti keran air.

Cara Kerja Gate Valve ?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang prinsip kerja dari gate valve, kita bahas dulu bagaimana proses pemasangan valve ini.

Cara pemasangan gate valve ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan dua konektor berulir atau threaded. Atau Anda juga dapat menggunakan dua flange yang kemudian disambungkan dengan sistem pipa.

Untuk cara kerjanya sendiri, jika pegangan gate valve diputar, maka bagian bonnet akan bergerak naik ke atas konektor. Sementara area stopping wedge akan berubah dengan memaksa gerakan menjadi naik turun. Handle yang menaikkan dan menurunkan stopper itu akan menempati ruang bonnet.

Ketika handle Anda putar, maka stopper akan bergerak di dalam valve. Kemudian stopper akan bergerak ke dalam ruang tempat mengalirnya cairan. Ketika posisi terbuka atau tertutup, Anda bisa mengenali berdesarkan tinggi rendahnya pegangan.

Jika posisi handle rendah, berarti valve dalam keadaan terbuka. Jika handle tinggi, berarti valve dalam keadaan tertutup. Casing valve dalam keadaan sedikit lebih lebar dari pipa memungkinakn stopper bisa menutupi ruang aliran. Sehingga akan membuat valve benar-benar tertutup.

Fungsi Gate Valve

Pada dasarnya fungsi gate valve tidak lain yaitu untuk membuka dan menutup aliran air dengan. Anda bisa menutupnya hingga rapat untuk menghentikan aliran air. Atau justru Anda membukanya secara penuh supaya air bisa mengalir.

Namun sayangnya gate valve tidak cocok untuk mengatur debit alir air karena perhitungannya tidak akurat. Jadi Anda jangan menggunakan jenis valve ini jika digunakan untuk mengontrol debit air.

Baca juga: Apa Itu Ball Valve dan Apa Perbedaannya dengan Gate Valve?

Jika gate valve dalam posisi yang benar-benar tertutup bisa meningkatkan tekanan dalam sistem. Sehingga akan terjadi kemungkinan getaran yang tak terduga di dalam valve.

Gate Valve ini biasanya digunakan untuk instalasi cairan untuk mengontrol temperatur dan tekanan tinggi. Biasanya jenis valve ini digunakan dalam berbagai instalasi industri pertambangan, pembangkit listrik, pengolahan air, dan aplikasi lepas pantai.

Perbedaannya Dengan Ball Valve

Banyak orang yang menganggap kalau ball valve sama dengan gate valve, padahal keduanya sudah jelas berbeda. Salah satu perbedaan tersebut dilihat dari mekanisme mematikan katupnya.

Karena punya mekanisme mematikan yang sangat cepat, hal ini bisa menyebabkan water hammer. Jika menutup valve secara cepat, maka tekanan akan meningkat karena adanya momentum media yang tidak bergerak. Akibatnya akan menyebabkan lonjakan tekanan yang singkat.

Sementara itu terjadi water hammer bisa diminimalisir ketika menggunakan gate valve. Karena mekanisme pembukaan dan penutupan katup dilakukan secara perlahan.

Perbedaan yang selanjutnya dilihat dari ketahanannya. Ball valve cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan gate valve. Salah satu penyebab gate valve tidak tahan lama adalah keberadaan stem valve. Komponen ini akan sangat rentan terkena korosi, sehingga gate valve akan tidak tahan lama.

Gate valve juga sangat rentan mengalami kebocoran jika dibiarkan cukup lama. Hal ini berbeda dengan ball valve yang tidak akan mengalami kebocoran meskipun dalam waktu yang sangat lama.

Aneka Valve Jual Gate Valve Bervariasi

Anda bisa memperoleh berbagai jenis valve di anekavale.com. Apa saja jenis gate valve yang tersedia di anekavalve.com?

  • Gate Valve API Class – 150Lb~600LB,
  • Gate Valve Cryogenic,
  • Gate Valve DIN Non-Rising Stem
  • Gate Valve DIN RISING Stem Resilient Soft Seated
  • Gate Valve Double Falt
  • Gate Valve Dregs Eduction
  • Gate Valve Elastic Seat,
  • Gate Valve FLD Falt
  • Gate Valve Forging,
  • dan masih banyak lagi..

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai gate valve. Anekavalve.com jual gate valve dengan harga yang terjangkau dan beraneka ragam. Silahkan untuk mengunjungi website resmi ke Aneka Valve untuk membeli gate valve.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts